Thursday, June 05, 2008

Life, as we know it...

Semester Enam berakhir sudah….

Bingung mau gimana ceritanya soal semester ini. Semester ini adalah semester paling bersejarah buat gw sepanjang kuliah gw. Semester paling berwarna warni.. Dan mudah-mudahan episode final dari seri hidup yang sudah entah keberapa.

Gw belajar SANGAT BANYAK di semester ini. Literally and not.

Pelajaran pertama adalah tentang hidup.
Bukan pelajaran baru sih.
Ini berulang terus, dan gw juga bersyukur terus. Kayanya gw pernah nulis juga di blog ini, kalau namanya hidup itu pasti susah. Makin susah cobaan lo, berarti lo tingkatannya makin jago. Makanya harusnya seneng kalo dapet cobaan, soalnya itu tandanya lo lagi ujian naik level! Gimana caranya lo nyelesein ujian itu dengan sukses, bukannya gagal. Gw ujiannya udah setaun kemaren...dan melihat hasil selama semeseter ini siiihh...ujian gw sukses. Semua kesusahan yang gw dapet baik dari segi akademik maupun sosial udah dibales dengan kesenangan-kesenangan. Mudah-mudahan emang ini balasannya...bukan semu.

Pelajaran kedua adalah tentang teman.
Ternyata masih ada orang yang belum ngerti arti teman yang sebenernya itu apa. Ada loh yang udah koar-koar kalo dia teman baik tapi kelakuannya kaya musuh. JAHAT. Jujur aja ada beberapa kejadian yang bikin gw jadi hati hati banget sama orang! Makin tertutup dan gengsian dan ga pedulian! Tapi yaudalah, berarti emang proses gw begini. Dan ya ampunn…betapa bahagianya gw karena ternyata gw punya teman-teman sejati. Sekarang sih gw udah ketawa-ketawa aja. Because who matter don’t mind, and who mind DON’T MATTER.

Pelajaran ketiga adalah tentang memaafkan.
Memaafkan itu nggak gampang. Dan kadang, sudah tidak ada maaf itu. Gw belajar, kalau kita buat salah, terus ga dimaafin…GA BOLEH sakit hati! Soalnya ada alasan kenapa kita sampai harus minta maaf. Dan alasan itu mungkin JAUH LEBIH BESAR dari sekedar kita. Harusnya malu, udah ngapain sampe orang lain ga bisa maafin??? Bukan berarti orang itu pendendam atau hatinya kecil…tapi mungkin yang kita lakukan keterlaluan. Namanya juga hati manusia...nggak segitu gampangnya sembuh! Ya memang, kita sudah bertanggung jawab dengan meminta maaf. Tapi yang kita lakukan sudah terlanjur terjadi, memori ga bisa dihapus, waktu ga bisa diputar, bekas paku pasti berlubang! Meminta maaf itu usaha…kalo nggak dimaafin ya terima, malu, dari situ belajar jangan sampe ngulangin lagi. Sambil berdoa semoga Tuhan berbaik hati melapangkan hati orang yang kita sakitin dan pada waktunya nanti dia akan maafin kita. Jangan malah ngejelek-jelekin yang kita sakitin karna ga dimaafin, goblok itu namanya…ga tau diri! Malu si woyy…kasian deh ah…

Yang keempat adalah tentang judging.
Kalimat don’t judge a book by it’s cover itu kayanya kurang tepat deh. Gimana-gimana yaaa…pasti ngejudge. Soalnya mata sama otak itu kehubung sama syaraf yang kaga hubungannya sama nurani. Begitu yang diliat orang rambutnya gonrong berantakan berminyak pasti di otak langsung muncul kata jorok. Begitu liat cewek pake paju backless ga pake bra tengah siang bolong pasti di otak munculnya kata murahan. Tergantung lingkungan dan ga bisa ditahan. Dan itu udah judging kan? Makanya menurut gw kita semua pasti judging, cumaaaann…gimana judging kita itu nggak mempengaruhi kita dan tindakan kita terhadap orang itu sampai kita tau yang sebenernya, itu yang perlu.

Sekalian juga, jangan langsung marah sama orang yang ngejudge kita. Karena itu wajar, impulsif. Kalo emang kita pengen dia tau ya tunjukin sebenernya gimana. Kalo udah dikasi tau dia tetep bersikap nurutin impulsifnya yang ternyata salah, yaudalah kasian aja sama orang-orang sempit kaya gitu. Jangan dibawa kesel…duuhh sayaaangg…energinya dipake buat hal yang lebih menyenangkan aja daripada buat kesel sama orang yang nggak ada gunanya buat kita.

Kesimpulan semester ini. THIS IS LIFE.
Peye.Shinta.Ratih.Dani.Ami.Tyas.Bebe.Yesi.Tsani.Santi.Anggi.Chacan.Uwi.Ipeh.
Agung.Maria.Ekal.Cublink.Sofwan.Yudit.Abang.Catri.Jemer.Pane.Adi.Irma.Ayu.
Alis.Barry.Anna.Citta.Arin.Viesda.Oda.Eu.Bintan.Odi.Herbert.Pilam.Elin.Agtri.
Shintakecil.Heri.Bulit.Lina.Tara.Pipi.Bilawa.Aryo.Candra.Rizqi.Dida.Synta.Danis.
Enrico.Saska.Fikri.Dimas.Saugan.Bowo.Didit.Mahar.Fahri.Padang.Galih.Ika.Jeni.
YAS.PIE.
Thank you so much for the lesson. You’re in history.

7 comments:

Anonymous said...

Zahraaaa... Dah lama bgt yaa gw gak dengerin cerita2 lo yg banyak itu.. Gw kangen suasana Chibuks..
Klo gw baca tulisan lo ttg hidup, teman, kadang gw jd ikutan mikir.. :)

Anonymous said...

wow.. ada 3 nama 'sinta'.. :-D nama yg pasaran... eh, terimaksh utk apa sih kak? trmksh kembali deh kak zahra.. aku mencintaimu :-*

Zero said...

Woogh, pelajarannya banyak betul, he2,.
Eh2, gimana kabar, KP di mana,.

Anonymous said...

hai hai Zahra, lagi liburan semester ya?! :)

Pelajaran kedua adalah tentang teman.

Wah iya kalo soal pertemanan rasanya antara skeptis dan optimis. Pertemanan itu misterius bagi saya, hanya waktu yang akan membuktikan suatu pertemanan/persahatan itu sejati atau gak, tulus atau gak, dll.

Saya suka ma kalimat ini

Gw belajar, kalau kita buat salah, terus ga dimaafin…GA BOLEH sakit hati! Soalnya ada alasan kenapa kita sampai harus minta maaf. Dan alasan itu mungkin JAUH LEBIH BESAR dari sekedar kita. Harusnya malu, udah ngapain sampe orang lain ga bisa maafin??? Bukan berarti orang itu pendendam atau hatinya kecil…tapi mungkin yang kita lakukan keterlaluan. Namanya juga hati manusia...nggak segitu gampangnya sembuh! Ya memang, kita sudah bertanggung jawab dengan meminta maaf. Tapi yang kita lakukan sudah terlanjur terjadi, memori ga bisa dihapus, waktu ga bisa diputar, bekas paku pasti berlubang! Meminta maaf itu usaha…kalo nggak dimaafin ya terima, malu, dari situ belajar jangan sampe ngulangin lagi. Sambil berdoa semoga Tuhan berbaik hati melapangkan hati orang yang kita sakitin dan pada waktunya nanti dia akan maafin kita. Jangan malah ngejelek-jelekin yang kita sakitin karna ga dimaafin, goblok itu namanya…ga tau diri!

Fully agree, seharusnya setiap orang punya kesadaran seperti ini supaya mereka tetep rendah hati dan gak gampang menyalahkan orang lain.

Anonymous said...

huaaa,,,zahra,,,kangen...ga nyangka nama gw masuk disana, soalnya udah lama bgt kita ga ketemu. apalagi gw pindah duluan dari cibanam..kapan bisa ngobrol2 bareng lagi ya?

tara gebleg said...

ra, aku baru nyadar udah lama gak ngasih komentar ke zahra.. khukhukhu... btw, tentang judging, aku mau kasih komentar. sebenernya, kita selalu judging ama apa yang kita liat, aku setuju... tapi kalimat don't judge a book from it's cover itu bener banget dan pantes untuk kita pegang, gak salah kok.. Bagus untuk pegangan bagi mereka yang merasa telah di judge sama orang? Ya gak? heheheeh.. jalanin aja idup ini. Udah susah, jangan dibuat susah? hehehehehe

Love YA!!!!!! hahaha kapan kita makan lagi ??? AAKAKAKKAKAKKAKkk.. ada oleh2 2buah,, yang tahun lalu belum aku kasih,, yang ulang tahun.. masih ingat? hahahaha

Zahra said...

waw...baru ngecek...

hehe terima kasih semuanya...

ratih dan tyas:
kangen juga ratiihh tyasss....huhuu
oiya yas, ya masuk dong..kan cibanam..hehe

tara dan synta:
love ya..hehe kenapa disebut soalnya apres! doong...hahah

ga tau sih kebaca apa nggak, hehe