Thursday, December 13, 2007

UAS dan Metodanya

Sebentar lagi UAS…
WAAAAAA…
Daripada panik sendiri, mending gausah diinget-inget dulu deh soal IP.

Namanya juga ujian…artinya diuji. Diuji dengan menjawab pertanyaan. Lalu dinilai berdasarkan jawaban atas pertanyaan.

Biasanya dosen-dosen bilang
”jawabnya jangan panjang lebar, tapi poinnnya aja, yang singkat tapi jelas!”
Atau malah
”jelaskan sejelas-jelasnya...”

Kalimat pertama ini cuma berlaku buat sedikit dosen...Oh...sori ralat...SATU dosen. Sedangkan dosen lainnya menganut paham ”makin panjang makin bagus”. Biasa deh PL....Panjang Lebar...Biar dapet nilai bagus, pasti kita jadi nulis sejelas-jelas mungkin (tanpa keluar dari apa yang ditanyain dong pastinya). Dan kebetulan juga...jurusan gw itu banyak teori juga pendapatnya (Kek IPS ya sebenernya, tapi Teknik??). Jadi kalo ujian emang pasti essay.

Duuuh...Sebenernya lo mo ngomong apa sih Ra daritadi??

Gini, tesnya kan seperti biasa... Pake kertas, dan ditulis pake ballpen. Dan ballpen tersebut digerakkan oleh tangan. Tangan yang sebenernya punya keterbatasan dalam ketahanannya menulis!!! Tiap UTS/UAS nih ya...tangan tuh langsung sakit-sakit....Dan seriusan sakit loh...pegel nulis terus! Dua jam non-stop!!!! Pernah gw ujian sehari dua kali dan cuma selang stengah jam. Sumpah ya abis itu tangan gw langsung kram!! (Dan nilai UTSnya ga kluar, jadi ga ketauan pengorbanan tangan gw berbuah apa ngga)

Pengen mengusulkan deh...Gimana kalau ujian jangan pake kertas dan ballpen lagi?
Tapi pake Microsoft Word aja!!! Kalo diliat-liat udah hampir semua orang punya laptop. Yang ga punya pake laptop bisa di labscan…atau minjem juga bisa. Kan lebih enak pake word…Nulisnya ga mesti urut, yang keingetan bisa ditulis dulu, ntar kalo mau dtambah-tambahin bisa disempil-sempil sesuka hati. Hemat waktu nge-tipeks!! Dan yang lebih penting, TANGAN GA PEGELL!!!

Soal nyontek, gampang Pak, Bu...Jaganya di belakang. Dosen, asisten dua, duduk di belakang. Dijamin deh ga ada yang berani nyontek! (Asal situ juga nggak meleng!)

Hasil ujian bisa dikumpulin di flashdisk, Bentuknya softcopy, ga usah takut ilang. Ga ribet banyak kertas, jadi ga nyampah. Dan hemat kertas juga kan??!!!

Weh...ti dulu...ko jadi beneran yah ni?? Tadi niatnya padahal cuma mo ngeluh aja...Tapi kayanya memungkinkan...Eh, memungkinkan ga sih?? Kalo memungkinkan usulin aja yokkk!! Kan departemen rapat tuh tiap semester...

Hmmm....udah ah, mau mengumpulkan massa dulu...

4 comments:

Anonymous said...

boleh juga ide lu coy...
tp ada bnyk kendala keknya...
diantaranya adalah...
-ga semua orang punya laptop, & kalo mw di lebsken, bnyk !@#$%^&* nya kl dipisah ruang gt, ngerti lah mksd gw..
-softcopy cenderung lbh rapuh dr hardcopy, skrng kan yg namanya virus lg ngetrend, bs2 kan..
yah tw sendiri deh, kcuali ada admin yg minimal setingkat engkoh yg ga knal ama yg namanya virus :D. lagian, kl make laptop peluang ngebet makin tinggi loh IMHO :D


dll...
gt lah diantaranya, sbnrnya msh ada sih, cman males nulis euy..
ngetik bikin pegel juga loh lol

Anonymous said...

menurut saya, idenya bole juga dengan beberapa pertimbangan...
1. yang meriksa jawabannya(dosen) kasian banget..matanya bisa 'buta' kali yaa? melototin layar komputer untuk meriksa jawaban 40-an mhsiswa. mending kalo 1-2 nomer, kalo ampe 5,6,7,... gmana?
2. kecurangan2 sangat mudah terjadi, misalnya saja, mhsiswa yang menggunakan laptop pribadi dapat dengan mudah menyimpan file2/ctatan kuliah di laptopnya dan dibuka kapan saja. Buat saya sih...ok2 saja....hohoho...
3. kalau tanpa masalah sih ok2 saja (sambil berfikir bahwa kemungkinan di masa depan pemikiran ini benar2 menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari), tapi masih ada beberapa masalah yang terlihat ringan akan tetapi sangat mematikan, misalnya virus2, dan kelalaian untuk selalu meng-save as dan mem-back-up setiap file jawaban. Jadi sekalinay hilang sebelum di-save maka...? dijawab sendiri aja yaa? plus..pas ujian kita kan dalam keadaan terburu-buru dan panik, kemingkinan untuk selalu meng-save as jawaban semakin kecil bukan?
4. ide untuk mengurangi penggunaan kertas sangat saya dukung sepenuhnya! apalagi kalo difikir-fikir kita(civitas akademis) kan orang berpendidikan(akademik,katanya lho....)seharusnya mengetahui dampak jangka panjang yang bisa disebabkan oleh penggunaan kertas secara berlebihan terhadap bumi dan manusia yang tinggal di dalamnya...
5. eleuh...banyak banget yak kayaknya....ntar deh kapan2 saya main lagi kesini....
ok zahra!
always take good care!
:)

Anonymous said...

laptop? sekalian aja seangkatan blutut2an!! asik bgt dah.

Zahra said...

ya pastinya antivirus harus update...

terus masalah nyontek...makanya jaganya di blakang. Skalian ada 1 yang jalan-jalan. Kan kliatan tuh kalo dia buka selain word yang dia ketik. Keliatan juga kalau ada window lain.

Terus Soal-nya pake LCD aja didepan kelas...ga buang kertas juga kan...

anonymous:
ga ngerti...banyak apa? kenapa kalau dipisah ruang??

ekal:
masalah ceroboh...di LCD tulis gede2 JANGAN LUPA DI SAVE, terus wordnya juga diset, yang tiap brapa menit ngesave otomatis gitu loh...

kan sama aja kaya liat kertas. eh, nggak sih..lebih rusak kalo liat layar yah. tapi sekarang aja udah banyak kan tugas dalam bentuk softcopy...sekalian ujian juga aja...kan staun 4 kali doang...hahaha

uti:
hahaha...iya bisa juga tuh...hasil ujiannya di blutut ke satu komputer, abis itu dimasukin flashdisk...kemungkinan virus lebih dikit....pintar kauuu!!