Wednesday, May 12, 2010

Kebiasaan Tawar-Menawar

Saya mau protes,
Saya sebel banget kalo dibilang sok kaya gara-gara saya males nawar di gedebage, atau kalo lagi beli bunga di simpang, atau kalo saya males nawar dimanapun. Jarang banget saya nawar, biasanya kalo harga pertama udah nggak cocok yaudah saya tinggal. Kalaupun nawar, nawarnya saya adalah nanya "harga pas-nya berapa?" atau "nggak bisa kurang?" ke si penjual dan ngebiarin penjualnya nentuin harga yang mau ditawarin ke saya. Kalau harganya menurut saya masuk akal, saya beli walupun teman-teman saya bilang "tawar lagi tau harusnya, itu kemahalan". Kalo misalnya harganya saya anggap tetep terlalu mahal, yaudah saya nggak maksa. Saya anggep aja kaya abis liat-liat Topshop, pengen tapi ga mampu atau ga bersedia bayar segitu. Nggak pernah saya ngotot dalam tawar-menawar.

Bukan saya sok kaya, tapi pada dasarnya saya males nawar. Setau saya, opsi boleh nawar itu ada di pasar-pasar, atau tukang asongan kaya tukang bunga yang suka saya beli. Jadi tau juga kan kalo mereka bukan orang-orang yang hidupnya berkecukupan? Kita bayar dengan harga yang ditawarin pun belum tentu bisa cukup buat mereka makan, bayar listrik, air, pendidikan. Apalagi buat kebutuhan tersier macem nonton, belanja, dll.

Kenapa sih nggak rela banget liat orang mau bayar dengan harga yang ditawarin si penjual? Kan mereka pengen juga makan, pengen juga sekolah. Kalaupun udah bisa, udah cukup, kan mereka pengen juga punya baju yang bagus, punya sepatu lucu, bisa nonton film, bisa makan cemilan, kaya kita.

Saya juga nggak bego-bego amat, saya tau harga aslinya cuma seperlimanya. Cuma emang ada ya orang jualan yang nggak cari untung? Kalo dibilang keterlaluan, lebih keterlaluan mana sih sama sepatu dan baju dan tas bermerek? Yang bukan merek macem Cartier pun, yang biasa aja kaya distro deh, dikira nggak ngambil untung berlipat-lipat juga? Tapi dibeli juga kan tetep, kalo suka, kalo pengen? Rela kan ngasih untung 10 kali lipat ke perusahaan-perusahaan itu? Ke toko-toko itu? Kenapa nggak rela ngasih untung 5 kali lipat ke orang lain, apalagi yang hidupnya jauh daripada yang punya perusahaan-perusahaan atau toko-toko itu? This is the part that I won’t participate in.

Kalau ada yang mau, ngambil kesempatan untuk nawar karna udah dikasih, ya silahkan…(ya prinsip ekonomi kan mencari untung sebesar-besarnya memang). Toh value yang kita inginkan berbeda. Makanya sudut pandang kita terhadap suatu hal beda juga. Emang saya marah-marah kalo kalian nawar? Kan nggak…saya juga nggak ngatain kalian sok miskin kan? Jadi jangan sembarangan ngatain saya sok kaya juga dong…

Jangan salah dan dibolak-balik ya! Saya bukannya ga suka sama orang yang doyan nawar, tapi saya nggak suka ada orang yang protes dan ngatain saya kalo saya ga doyan nawar. You have your reason, so do I. I don't bugged you about yours, you shouldn't bugged me about mine.

3 comments:

faela shafa said...

ya saya juga setuju dengan post anda yang ini. nyeahahaha.
iya raa, gw juga jarang nawar.. gw gak mau maksa, lagi juga kalo emang harganya ga sesuai sama pasaran lain ya 2 aja pilihannya:
1. dia dosa boongin pembeli (kalo bedanya kejauhan banget)
2. ya kita berbagi rezeki sama yang lain, nothing wrong on that.

pada akhirnya, semua bergantung darimana kita mau ambil sudut pandang..:))

Anonymous said...

too bad blogspot didn't have 'like this' button.

Zahra said...

sapi:
iya bener, masalah sudut pandang...kan suka-suka gw yak, hehe

anonymous:
makasih...:)